Selasa, 17 September 2013

Bab III



BAB III
Tujuan Upaya Peningkatan Mutu
A.     Tujuan Umum
Meningkatkan pelayanan kesehatan melalui upaya peningkatan mutu Rumah Sakit  Palang Biru Gombong secara efektif dan efisien agar tercapai derajat kesehatan yang optimal.
B.     Tujuan Khusus
Tercapainya peningkatan mutu Rumah Sakit palang Biru melalui :
1.     Optimalisasi tenaga, sarana, dan prasarana.
2.     Pemberian pelayanan sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan yang dilaksanakan secara menyeluruh dan terpadu sesuai dengan kebutuhan pasien.
3.     Pemanfaatan teknologi tepat guna, hasil penelitian dan pengembangan pelayanan kesehatan.

C.     Indikator Mutu Rumah Sakit
1.     INDIKATOR AREA KLINIS
2.     INDIKATOR INTERNATIONAL LIBRARYINDIKATOR
3.     SASARAN KESELAMATAN PASIEN
Keselamatan (safety) telah menjadi isu global, dan rumah sakit sebagai penyedia jasa pelayanan kesehatan termasuk didalamnya. Pelayanan kesehatan pada dasarnya bertujuan untuk menyelamatkan pasien, namun dengan semakin berkembangnya ilmu dan teknologi, pelayanan kesehatan menjadi semakin kompleks dan berpotensi untuk terjadi Kejadian Tidak Diharapkan (KTD) apabila tidak berhati-hati. Di Indonesia data tentang KTD atau KEjadian Nyaris Cidera (Near Miss) masih langka, namun di lain pihak terjadi peningkatan tuduhan “mal praktek” yang belum tentu sesuai dengan pembuktian akhir.
Mengingat keselamatan pasien sudah menjadi tuntutan masyarakat, maka Rumah Sakit Palang Biru Gombong telah menetapkan pelaksanan Keselamatan Pasien sejak tahun 2010. Nafas dari Patient Safety adalah belajar dari KTD yang terjadi dari masa lalu dan selanjutnya disusun langkah-langkah agar kejadian serupa tidak terulang. Proses pembelajaran ini bukan sesuatu yang sederhana, karena dimulai dari proses pelaporan kejadian dilanjutkan dari analissi sampai ditemukan akarmasalahnya sebagai dasar untuk mendisain ulang system sehingga tercapai suatu asuhan pasien yang lebih aman di Rumah Sakit. Supaya kegiatan ini dapat terarah dan berkesinambungan maka perlu diadakan buku pedoman serta pelatihan kepada unit kerja terkait sehingga tujuan dari program keselamatan pasien dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda