Rabu, 04 Februari 2009

Kinerja Dokter

Permasalahan pelayanan kesehatan di Puskesmas terungkap dalam gendu-gendu rasa di Dinas kesehatan Banyumas. Kilas balik tahun pertama kita dinas sebagai dokter di puskesmas, kita masih baru dan gres dengan semangat yang menyala untuk memberi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.Kunjungan Pusling ke desa ataupun kunjungan yang mendadak sering kita lakukan. Pergaulan dengan masyarakat desa sampai saat ini masih mengesan walaupun kita sudah pindah kerja ditempat lain. Tahun berlalu, perubahan silih berganti, tenaga dokter pun datang dan pergi, wajah muda, usia muda dan dari berbagai universitas. Hasil pengamatan kinerja dokter sekarang ini kurang menggembirakan. Faktor kedisiplinan dan pelayanan terhadap masyarakat kurang. Orientasi personal lebih besar dari orientasi kemasyarakat. Ini bukan menjustifikasi semua dokter. Dalam kesempatan lain kita selalu memberikan saran saran perbaikan, tetapi ternyata berlalu begitu saja. Hal seperti ini akan mempengaruhi karyawan lain dalam satu lingkungan kerja, terutama di Puskesmas. Pertanyaan, apakah zaman sudah berubah sedemikian dan apakah individualistis masyarakat sekarang sudah menjadi egoistis. Ahirnya kita sebagai Penanggung jawab pelayanan masyarakat menjadi leleh luweh dan apatis juga. Yah inilah kita. Semangat! Semangat agar tidak ketinggalan kereta.Demikian Salam dari Kemranjen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda