Jumat, 16 Oktober 2009

Desa Siaga

Desa Siaga merupakan suatu terobosan atau strategi dalam mengupayakan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Peningkatan tersebut diupayakan melalui pemerataan pelayanan kesehatan dan pendekatan pelayanan kesehatan. Akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dibuat sedekat mungkin dan lebih mudah.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah mengembangkan program Polindes. menjadi PKD. Dalam PKD terdapat tambahan pelayanan kesehatan meliputi 16 algoritma, sehingga tidak terbatas hanya pelayanan kesehatan ibu dan anak. Pengembangan PKD ini menjadi landasan awal terwujudnya desa siaga.
Keberhasilaan desa siaga tidak lepas dari optimalisasi peran PKD dan pemberdayaan masyarakat. Upaya kesehatan promotif, preventif dimulai dari pengamatan dan pemantauan masyarakat. Adanya laporan kesehatan dari masyarakat secara dini akan mempermudah penanganan kesehatan selanjutnya. Kegawat daruratan dan bencana juga tidak lepas dari kecepatan pelaporan masyarakat. Sifat gotong royong masyarakat perlu ditingkatkan kembali untuk berhasilnya program desa siaga. Apabila semua potensi masyarakat tersebut dapat dikembangkan maka akan terjadi kemandirian dalam upaya kesehatan .
Demikian, semangat, semangat, Salam dari Kemranjen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda